Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

rumah hantu dufan – Wisata Ziarah di Tapanuli Tengah, Mendaki 700-an Anak Tangga

Wisata-Ziarah-di-Tapanuli-Tengah,-Mendaki-700-an-Anak-Tangga

rumah hantu dufan – Barus. Puluhan orang mendaki 700-an anak tangga menuju Makam Papan Tinggi, makam satu diantara penyebar Islam di Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut). Ini yaitu bagian dari kegiatan MTQ disana. 

Wisata-Ziarah-di-Tapanuli-Tengah,-Mendaki-700-an-Anak-Tangga

Bertandang ke Makam Syekh Mahmud adalah satu diantara aktivitas wisata utama di Tapteng. Beberapa ribu orang datang setiap tahunnya untuk berziarah, ataupun memanjatkan doa di puncak bukit yang ada di ketinggian 200 mdpl ini. 

"Pengunjungnya dari beragam daerah terlebih dari Aceh, daerah di Sumut dan daerah yang lain di Pulau Sumatera," kata Ngadiman KS, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapteng, Senin (24/3/2014). 

Pada Senin sore, Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang melepas kafilah peserta MTQ dari lokasi ini. Sesaat seremoni berjalan, beberapa pengunjung menyempatkan diri mendaki bukit religi yang ada di Desa Pananggahan, Kecamatan Barus Utara itu. 

"Perlu sekitar satu jam untuk hingga ke puncak, anak tangganya sangat banyak. Mesti banyak berhenti untuk tarik nafas," kata Wahyu Pratama, salah seseorang pengunjung dari Medan. 

Makam itu sendiri ada dibagian puncak bukit. Makam ini cukup panjang, sekitar tujuh meter. Kaligrafi Arab menghiasi batu nisan besar dengan tinggi sekitar 1,5 meter di kedua sisi kuburan itu

Ngadiman menyebutkan, Syekh Mahmud adalah penyiar Islam dari Timur Tengah, yang wafat dunia waktu ada di Barus. Lokasi pemakamannya di tempat yang demikian tinggi, kemungkinan lantaran saat itu laut tidak serendah waktu ini. Kerang-kerangan tetap bisa ditemukan di sekitar jalur pendakian yang mengisyaratkan jalur itu dahulu terendam air laut. 

Mendaki bukit itu jelas menjadi perjuangan yang melelahkan. Stamina harus kuat. Setiap anak tangga harus dilewati. 

Tidak ada yang tahu pasti berapakah jumlah anak tangga itu. Ada yang katakan 710 anak tangga, ada yang katakan di angka 720, beberapa menyebutkan 780, ada yang katakan 786 serta Ngadiman katakan 789 anak tangga. Terserahlah berapakah jumlahnya, yang pasti akan berkeringat hingga di puncaknya, terlebih cuacanya panas.

Related posts