Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Akomodasi Pulau Tidung – Siapa yang Tahu Nama Asli 5 Monumen Top di Jakarta Ini?

Akomodasi Pulau Tidung – Juga sebagai ibukota negara, Jakarta mempunyai banyak monumen yang menaruh histori Indonesia. Anda pasti tahu Patung Pancoran atau Patung HI, namun sesungguhnya siapa yang tahu nama asli 5 monumen top di Jakarta di bawah ini? Jakarta mempunyai banyak monumen yang menyebar di beragam lokasi. Sebagian salah satunya, ada di lokasi strategis yang senantiasa ramai lantas orang serta wisatawan.

Siapa yang Tahu Nama Asli 5 Monumen Top di Jakarta IniMonumen-monumen itu bukanlah pemanis kota, tetapi satu bentuk penghormatan atau sinyal penghargaan untuk seorang, cerita perjuangan pahlawan atau lambang dari histori perjalanan bangsa Indonesia. Disusun dari beragam sumber, Kamis (2/10/2014) tersebut 5 nama asli dari monumen paling top di Jakarta :

1. Patung Pancoran : Monumen Dirgantara
Anda mungkin saja kurang familiar bila mendengar nama Monumen Dirgantara. Namun bila mendengar nama Patung Pancoran, orang Jakarta mana yang tidak paham? Patung Pancoran di lokasi Pancoran, Jakarta Selatan ini mempunyai nama asli Monumen Dirgantara. Diresmikan th. 1966, pengagas monumen itu yaitu Presiden Soekarno.

Saat itu, dia mau bikin monumen yang melambangkan dunia penerbangan atau kedirgantaraan Indonesia di mata dunia. Dalam sejarahnya, Wisma Aldiron Dirgantara yang dulunya adalah Markas Besar TNI Angkatan Udara ada persis di depan monumen itu. Posisinya juga strategis, lantaran adalah pintu gerbang menuju Jakarta untuk beberapa pendatang yang barusan mendarat di Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Monumen Dirgantara melukiskan manusia angkasa, yang bermakna lambang semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa. Monumennya terbuat dari perunggu seberat 11 ton serta mempunyai tinggi 11 mtr..

2. Patung Proklamator : Monumen Soekarno-Hatta
Taman Proklamator di Jl Proklamasi nomer 56, Jakarta Pusat adalah tempat paling bersejarah untuk Indonesia. Dahulu, nama jalannya yaitu Jl Pegangsaan Timur yang disebut tempat Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Saat ini, Jl Pegangsaan Timur namanya dirubah serta kawasannya disulap jadi Taman Proklamator. Taman yang cukup luas serta di tengah-tengahnya ada patung Soekarno serta Hatta.

Ini dia Monumen Soekarno-Hatta Proklamator Kemerdekaan Indonesia! Cukup panjang namanya, namun beberapa orang yang menyebutnya patung Proklamator atau patung Proklamasi. Dua patung itu menjulang tinggi, dengan posisi yang dipandang dari depan patung Soekarno ada di samping kiri serta Hatta di samping kanan. Posisi patung Soekarno tengah memegang suatu naskah proklamasi. Sedang di depan mereka, ada satu plakat batu berupa secarik kertas yang berisikan teks proklamasi. Monumen Soekarno-Hatta di buat juga sebagai sinyal layanan untuk Soekarno serta Hatta, dua orang ‘Founding Father’ Bangsa Indonesia.

3. Patung Lapangan Banteng : Monumen Pembebasan Irian Barat
Siapa yang tidak kenal dengan patung Lapangan Banteng yang ada di dekat Masjid Istiqlal serta Gereja Katedral? Tahukah Anda, patung itu mempunyai nama asli Monumen Pembebasan Irian Barat. Monumennya diresmikan Presiden Soekarno di th. 1963. Monumen ini melambangkan lambang kegigihan serta semangat rakyat Indonesia untuk pembebasan Irian Jaya (saat ini Papua-red) dari Belanda. Patungnya mengekspresikan seorang yang seakan bebas dari belenggu. Keseluruhan berat meraih 8 ton serta tinggi 11 mtr..

4. Bundaran HI : Monumen Selamat Datang
Beberapa orang Jakarta seringkali menyebutnya dengan nama Bundaran HI. Tetapi janganlah lupa, nama aslinya yaitu Monumen Selamat Datang. Inilah monumen yang ada di Bundaran Hotel Indonesia pas di pusat usaha Jakarta. Monumen itu berbentuk patung sepasang orang yang tengah menggenggam bunga serta melambaikan tangan. Patung itu menghadap ke utara yang bermakna menyongsong beberapa orang yang datang dari arah Monumen Nasional. Pembangunan monumennya yaitu atas inspirasi Soekarno. Saat itu, Soekarno bangun monumennya waktu Indonesia jadi penyelenggara Asian Games IV yang diselenggarakan di Jakarta. Monumen yang diresmikan th. 1961 ini seakan menyongsong beberapa atlet-atlet negara tetangga yang tiba di ibukota.

5. Bundaran Senayan : Monumen Pemuda Bangun
Beberapa orang waktu lalu lalang di lokasi Senayan serta Blok M pasti kerap lihat patung pria yang berbadan kekar serta mengangkat obor api. Untuk yang belum tahu, nama aslinya yaitu Monumen Pemuda Bangun, bukanlah Bundaran Senayan. Diresmikan mulai sejak th. 1972, Monumen Pemuda Bangun di buat oleh Insinyur Seniman Arsitektur (ISA) dibawah pimpinan Imam Supardi. Monumen ini melambangkan semangat pemuda yang berapi-api. Sama dengan monumennya, diinginkan beberapa pemuda bisa mengambil peran untuk bangun Indonesia.

Related posts