Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

alamat dufan – Kemenparekraf Tujuan Kunjungan Wisman 2014 Naik 8 Persen

Kemenparekraf-Target-Kunjungan-Wisman-2014-Naik-8-Persen

alamat dufan – Surabaya. Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mentargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia naik sampai 8 %. Infrastruktur serta komunitas pariwisata harus diperhatikan. 

Kemenparekraf-Target-Kunjungan-Wisman-2014-Naik-8-Persen

"Tujuan pariwisata 2014 dari sisi wisman target 9,3 atau hingga 9,5 juta orang, perkembangan kurang lebih 6-8 %," kata Menteri Pariwisata serta Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (12/3/2014). 

Sementara ini, kata Mari telah ada 16 destinasi wisata di Indonesia yang akan dikembangkan menjadi 88 destinasi wisata sampai 2025 lewat gagasan induk pariwisata nasional (Riparnas). Dengan Riparnas, apa yang pemerintah kembangkan bisa jelas. 

"Dari sisi lokasi serta destinasi wisata, variasi banyak dalam makna ada yang perlu dimulai dari 0, belum ada apa-apa. Dari situ, sampai dengan yang pada mulanya telah cukup mapan serta perlu direvitalisasi atau diperbaiki," katanya. 

Menurut dia destinasi wisata saat ini tetap butuh banyak perbaikan terutama infrastruktur supaya visi pariwisata dapat berkelanjutan serta menguntungkan secara nasional. 

"Yang butuh digarisbawahi yaitu komnitas setempat mesti memperoleh keuntungan dari perubahan pariwisata yang ada di situ. Jadi, konsentrasi pada SDM serta ekonomi kerakyatan yang ada di daerah jadi utama," ungkap Mari. 

Untuk penambahan Sumber Daya Manusia, Mari mengakui telah menambah kompetensi dengan melatih 64 ribu orang dari 32 profesi kompetensi. Pihaknya mengharapkan, penambahan kompetensi sumber daya manusia dapat juga dikerjakan pelaku industri pariwisata serta pemerintah daerah. 

"SDM akan kita tigkatkan kompetensi, hingga akhir tahun kita akan melatih 64 ribu orang yang dalam 32 profesi kompetesni. Namun itu yang  dikerjakan pemerintah. Industri juga mesti terus lakukan serta smeoga pemda juga lakukan kursus uji kompetensi," pungkas dia. 

Dari data Kemenparekraf 2013, jumlah kunjungan wisatawan nusantara meraih 248 juta perjalanan dengan tingkat perkembangan sebesar 1,1 % serta keseluruhan pengeluaran meraih Rp 176,3 triliun. Sedang jumlah wisatawan luar negeri sejumlah 8, 802 juta orang dengan jumlah pengeluaran Rp 12,66 triliun. Pulau Jawa tetap jadi destinasi utama maksud wisatawan Nusantara

Related posts