Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

biaya pulau pari – Begini Langkah Memanggil Arwah di Wae Rebo, Flores

Begini-Langkah-Memanggil-Arwah-di-Wae-Rebo-Flores

Orang-orang Wae Rebo di Flores benar-benar menghormati serta sangat menghormati beberapa leluhurnya. Hingga mereka senantiasa mengundang arwah leluhur untuk berpesta merayakan awal tahun berbarengan. Lalu, seperti apa langkah memanggil arwahnya?

Begini-Langkah-Memanggil-Arwah-di-Wae-Rebo-Flores

Penti yaitu acara th. baru spesial di Wae Rebo, Manggarai Tengah, Flores, NTT. Tutup th. mereka ditandai dengan selesainya saat perkebunan. Jadi, usai th. baru, mereka bakal mengawali saat pas tanam yang baru. Umumnya, Penti jatuh pada bln. September atau November. Nah, acara Penti ini bukan sekedar dapat di nikmati orang-orang yang tetap hidup saja, namun juga beberapa leluhur yang telah lebih dahulu meninggalkan mereka.

Dalam rangkaian acara Penti, terdapat beberapa prosesi yang melibatkan arwah beberapa leluhur diantaranya ketentuan kapan dimulainya acara Penti, sampai seperti apa kurang lebih peruntungan beberapa orang-orang Penti di th. depan. Untuk tahu hal semacam itu, ada juga upacara pemanggilan arwah. Pertama, beberapa keluarga mendatangi makam leluhur mereka yang ada diatas bukit. Disana, mereka berkumpul di seputar makam, membakar rumput diatas kuburan serta menyebar sesaji.

Upacara pemanggilan arwah ini dikerjakan per keluarga. Agak tidak sama dengan suku lain di Indonesia, di mana upacara pemanggilan arwah dikerjakan dengan cara kolektif di pimpin dukun atau tetua kebiasaan. Sepanjang sekian waktu, mereka mendoakan leluhur sembari berupaya berkomunikasi. Ada juga nyanyian-nyanyian yang disenandungkan kecil. Tak ada yang trance, cuma seperti berdoa saja. Pemanggilan arwah mengambil saat seputar 1 jam. Sesudah meyakini beberapa arwah leluhur telah ada diantara mereka, beberapa peziarah ini kembali berbarengan ke rumah utama untuk mengadakan upacara penyambutan arwah.

Ada prasyarat untuk pemanggilan arwah. Seluruhnya orang yang memanggil mesti tak mempunyai kemauan jahat atau tingkah laku yang jahat. Lantaran bila tak, arwah beberapa leluhur tak akan tiba. Dengan hadirnya arwah leluhur, pesta Penti juga dapat dilanjutkan. Sesudah arwah leluhur masuk ke dalam rumah utama, lagu serta nyanyian dikumandangkan tiada henti dari malam sampai pagi, untuk wujud hiburan untuk beberapa leluhur.

Related posts