Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Harga ke Pulau Harapan – Cantiknya! Candi Penataran Diterangi Beberapa puluh Obor

Harga ke Pulau Harapan – Candi Penataran di Blitar, Jawa Timur, terlihat tak umum pada Sabtu (11/10) lantas. Saat malam hari, candi ini diterangi beberapa puluh obor yang disebut sisi acara ‘Purnama Seruling Penataran’. Seperti apa? Candi Penataran yang ada di kaki Gunung Kelud ini di bangun pada saat Kerajaan Kediri era ke-12, serta berlanjut sampai zaman kerajaan Majapahit. Candi paling besar di Jawa Timur ini terdapat di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.
Cantiknya! Candi Penataran Diterangi Beberapa puluh Obor
Candi Penataran serta berperan juga sebagai candi negara, tempat beragam aktivitas keagamaan di gelar. Candi ini dapat jadi tempat pemberkatan untuk beberapa raja. Indahnya candi dengan sinar beberapa puluh obor di Candi Penataran ini dapat dirasa waktu bersamaan dengan ‘Purnama Seruling Penataran’, acara yang di gelar oleh Dewan Kesenian Kabupaten Blitar (DKKB).

“Kita mengadakan acara seperti ini sejumlah 3 kali dalam satu tahun,” tutur Ketua DKKB Wima Brahmantya, Senin (13/10/2014). Ia menerangkan, acara ‘Purnama Seruling Penataran’ di gelar pada Sabtu (11/10) malam purnama lantas. Acara itu terkecuali di hadiri tamu dari beragam daerah di Indonesia, juga dari belahan negara lain seperti Jepang, Jerman, Hungaria, serta Belgia.

Acara itu juga di ramaikan beragam kesenian lokal seperti kesenian Kentrung yang dimainkan oleh begawannya Mbah Sumeh. Ada juga sendratari kolosal berjudul ‘Blitar-Bhumi Laya Ika Tantra Adhi Raja’ yang berarti ‘Bumi Tempat Persemayaman Raja-raja Merdeka’. Sendratari itu menceritakan Blitar juga sebagai tempat persemayaman untuk Sri Rajasa (Ken Arok), Anusapati, Wisnuwardhana (Ranggawuni), Kertarajasa Jayawardhana (Raden Wijaya) serta Bung Karno.

“Kami mengharapkan sendratari ini dapat menyadarkan pada orang-orang Blitar, bahwa Blitar sesungguhnya mempunyai peran besar dalam bangun peradaban Nusantara. Semoga ini dapat memberikan inspirasi generasi muda Blitar untuk berbuat yang paling baik serta berjuang untuk Nusa serta Bangsa,” tandasnya.

Related posts