Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Homestay Pulau Harapan – Melihat Jembatan Kelok 9 di Sumatera Barat

Homestay Pulau Harapan – Tulisan kesempatan ini masih mengulas perihal Sumatera Barat. Bila tempo hari telah mengulas perihal pantai-pantai terindah di Sumatera Barat, saat ini saya ingin membagi info perihal megakonstruksi Kelok 9 yang demikian fenomenal. Mengapa disebut fenomenal? Lantaran konstruksi ini baru diresmikan belum lama pada th. 2013. Terlebih pembangunan jembatannya juga mengonsumsi saat yang cukup lumayan, barangkali lantaran menyedot dana yang sangatlah besar dari APBN.

Melihat Jembatan Kelok 9 di Sumatera Barat

Sesudah usai nyatanya jembatan ini jadi satu diantara ikon megakonstruksi Sumatera Barat serta kebanggaan pariwisata Indonesia. Mengapa sih jadi destinasi wisata? Lantaran letak Jembatan Kelok 9 ini ada di lokasi lembah yang sangatlah indah. Ada satu spot dimana kita dapat berhenti serta nikmati keindahan alam serta konstruksi dengan cara berbarengan.

Jembatan Kelok 9 adalah jembatan yang di bangun serta menghubungkan antar-lembah ini terdapat di lokasi rimba suaka alam dengan panjang keseluruhan jembatan 943 mtr. serta jalan penghubungnya selama 2.089 mtr.. Dinamai Kelok Sembilan lantaran jalanan di daerah itu mempunyai 9 belokan atau mungkin kelokan. Ruas jalannya sendiri terlihat zig-zag menuruni lereng bukit dimana sudah di bangun mulai sejak zaman Hindia Belanda (1908-1914).

Jembatan Kelok 9 di bangun lantaran pada awal mulanya keadaan jalan ditempat itu sempit berkelok-kelok hingga kendaraan besar mesti berhenti serta bertukaran melaluinya. Dengan hadirnya jembatan ini bikin jalur transportasi antar-daerah bahkan juga antar-provinsi makin lancar.

Hal yang membanggakan, jembatan yang indah serta memesona ini adalah karya anak bangsa dengan memakai rencana green construction dan memakai produksi dalam negeri. Jembatan Kelok 9 di bangun 2011 serta usai pada 2013. Saat diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, jembatan ini disebutkan juga sebagai ikon konstruksi nasional yang monumental.

Kelok 9 atau mungkin Kelok Sembilan yaitu ruas jalan berkelok yang terdapat seputar 30 km samping timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju Propinsi Riau. Jalan ini membentang selama 300 mtr. di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat serta adalah sisi dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera serta Pantai Timur Sumatera. Jalan ini mempunyai tikungan yang tajam serta lebar seputar 5 mtr., berbatasan dengan jurang, serta diapit oleh dua perbukitan diantara dua cagar alam : Cagar Alam Air Putih serta Cagar Alam Harau.

Di seputar Jalan Kelok 9 sekarang ini sudah di bangun jembatan layang selama 2,5 km. Jembatan ini membentang meliuk-liuk menyusuri dua dinding bukit terjal dengan tinggi tiang-tiang beton beragam meraih 58 mtr.. Terhitung, jembatan ini enam kali menyeberangi bolak balik bukit. Saat difoto dari atas tampak terang konstruksi jembatan serta demikian ruwetnya kelok-kelok yang ada di jembatan ini. Tidak heran bila mengonsumsi cost yang terlampau besar serta lama. Jembatan ini dapat penghubung pada Sumatera Barat serta Propinsi Riau, yang sering macet kronis bila weekend serta lebaran tiba. Oleh karenanya dibuatlah jembatan ini, yang dapat mengurai kemacetan kronis. Semoga karenanya ada jembatan ini, pariwisata Riau serta Sumatera Barat makin maju serta dapat menambah perekonomian dua propinsi di Sumatera ini.

Related posts