Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Homestay Pulau Pramuka – Wah! Ada Gunung Penghasil Batu Akik di Papua

Homestay Pulau Pramuka – Untuk traveler penggemar batu akik, mungkin saja dapat singgah ke Jayapura di Papua. Jayapura mempunyai Gunung Cyclops yang disebut penghasil dari batu akik Cyclops khas Bumi Cendrawasih. Di sela acara Festival Danau Sentani 2015 yang sudah selesai minggu lantas, kami berbarengan rombongan kementerian serta media pernah berburu batu akik type cyclops untuk oleh-oleh. Di Papua, batu akik type Cyclops memanglah adalah salah satu ciri khas daerah setempat.

Wah! Ada Gunung Penghasil Batu Akik di Papua

Kebetulan, di dekat Bandara Sentani ada pasar kaget batu akik yang ramai sehari-hari. Uniknya lagi, beberapa penjual jual batu akik Cyclops berbentuk bongkahan memiliki ukuran cukup besar. Penasaran, saya ajukan pertanyaan darimana asal batu itu pada salah satu penjual. ” Batu akik Cylops ini di ambil dari Gunung Cyclops, ” tutur salah satu penjual batu akik bernama Lucky, Minggu (21/6/2015) sembari menunjuk ke arah gunung yang tertutup kabut.

Kebetulan, pada siang harinya saya serta rombongan di ajak untuk lihat Danau Sentani dari Monumen MacArthur yang masih tetap ada di Jayapura. Ada juga Bupati Jayapura yang bernama Mathius Awoitauw yang berikan penjelasan masalah daerahnya. ” Itu di belakang Gunung Cyclops, telah masuk cagar alam, nama aslinya Gunung Dafonsoro, ” tutur Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Nyatanya dibalik keindahan Gunugn Cyclops yang tertutup kabut, ada kekayaan alam berbentuk batu akik type Cyclops yang popular di kelompok penggemar batu akik. Namun hal itu adalah pengetahuan umum saja, mengingat status Gunung Cyclops juga sebagai daerah cagar alam serta konservasi di Jayapura.

Untuk traveler yang tengah berkunjung ke Papua, mungkin saja dapat beli batu akik type Cyclops untuk oleh-oleh, sembari nikmati keindahan Gunung Cyclops dari terlalu jauh. Juga sebagai orang Indonesia, pasti kita mesti bersukur serta melindungi kekayaan alam yang ada dengan sebaik-baiknya.

Related posts