Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

dupan ancol – Indonesia & Jerman Kerjasama Bangun Pariwisata Lombok

Indonesia-&-Jerman-Kerjasama-Bangun-Pariwisata-Lombok

dupan ancol – Sesudah mempunyai bandara internasional, Lombok jadi semakin favorit di mata wisatawan. Karenanya, Jerman turut bekerja bersama dengan Kemenparekraf untuk membuat pariwisata Lombok lebih baik serta berkepanjangan. 

Indonesia-&-Jerman-Kerjasama-Bangun-Pariwisata-Lombok

Hubungan kerja ini dikerjakan oleh Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Gezellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ). Pada mulanya, GIZ juga sudah bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) tentang program Regional Economic Development (RED). Tujuannya, mau menambah pembangunan destinasi pariwisata berkepanjangan. 

"Berkelanjutan di sini tujuannya bagaimana pariwisata dapat mensejahterakan masyarakat yang ada di sini. Bukan hanya ramah lingkungan, namun membawa efek positif juga pada masyarakat lokal," tutur Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Firmansyah Rahim pada penandatanganan proyek kerjasama di Gd Sapta Pesona Lt 14, Jl Medan Merdeka, Jakarta, Kamis (10/4/2014). 

Destinasi yang diambil yaitu Lombok di NTB. Lantaran menurut Firmansyah, Lombok telah banyak didatangi wisatawan lantaran hadirnya bandara internasional. Nah, bila pariwisata disana tidak berkembang dengan tepat, maka jumlah kunjungan wisatawan dapat alami penurunan. 

"Lombok jadi destinasi yang perlu cepat dikerjakan. Sayang sekali bila telah banyak wisatawan yang kesana, namun pariwisatanya tidak berkembang," lanjut Firman. 

Diluar itu, Lombok jadi percontohan destinasi rendah karbon. Lalu, Lombok juga ada di dalam MP3EI koridor V dalam satu diantara fokusnya yakni pariwisata. Lalu, koridor Pengembangan Ekonomi Daerah Bappenas menempatkan Lombok untuk daerah pengembangan ekonomi lokal berbasis pariwisata serta industri kreatif. 

Lalu, apa yang akan dikerjakan sesudah ada penandatanganan penyusunan proyek hubungan kerja ini? Nanti, ada pengaturan aktivitas pariwisata berkepanjangan serta hijau di Lombok, serta pengembangan jenis untuk pariwista ramah lingkungan. Juga, penambahan kemampuan sumber daya manusia di bidang pariwisata. 

Diinginkan, bukan hanya saja beberapa pengunjung yang dapat nikmati destinasi yang cantik serta ramah lingkungan. Masyarakat setempat dapat juga lebih sejahtera dengan pariwisata yang jalan disana. 

Hubungan kerja ini gagasannya akan dikerjakan hingga bulan Desember 2014. Adapun dana yang akan dikucurkan sekitar 3.250.000 Euro. Seperti apa kurang lebih Lombok di tahun 2015 ya? Kita lihat kelak.

Related posts