Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Jalan Menuju Pantai Sawarna – 5 Rimba di Indonesia dengan Hewan Endemik Paling Unik

Jalan menuju Pantai Sawarna – Rimba yaitu tempat tinggalnya bermacam hewan. Tetapi 5 rimba di Indonesia ini terbilang khusus, lantaran mempunyai hewan endemik yang bermakna cuma ada di rimba itu. Hewan ini tak ada ditempat lain. Cobalah tebak di mana? “Saya rasa hampir semua rimba di Indonesia itu mempunyai hewan endemik, ” kata Kasubdit Pemakaian Wisata Alam Kemenhut, Nurwanto waktu dihubungi, Rabu (12/11/2014) tempo hari. Nurwanto juga menuturkan panjang lebar hewan-hewan endemik paling unik di hutan-hutan Indonesia. Tersebut, daftar 5 rimba di Indonesia yang populer dengan hewan endemik :
5 Rimba di Indonesia dengan Hewan Endemik Paling Unik1. Rimba di TN Leuser, Aceh-Sumatera Utara
“Ini habitatnya harimau Sumatera, ” tutur Nurwanto. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) adalah subspesies harimau paling kecil serta cuma diketemukan di Pulau Sumatera. Panjangnya seputar 2, 5 mtr. dari kepala hingga ke ekor serta beratnya sekitar 150 kg. Harimau Sumatera juga diprediksikan ada banyak yang menetap di pedalaman rimba di TN Leuser. Harimau Sumatera mempunyai ciri yaitu memiliki semakin banyak janggut di banding harimau lain. Harimau ini juga pintar berenang serta lihai memanjat pohon. Tetapi sayang, statusnya saat ini terancam punah lantaran dipercaya jumlahnya cuma tersisa 400 ekor saja. Walaupun telah masuk dalam daftar hewan yang terancam punah, namun masih tetap saja ada oknum tidak bertenggung jawab yang memburunya.

2. Rimba di TN Ujungkulon, Banten
Rimba didalam lokasi TN Ujungkulon yaitu rumah untuk badak Jawa. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari badak India serta ukuran culanya tidak hingga 20 cm. “Badak Jawa di rimba dalam TN Ujungkulon itu tak ada ditempat lain, ” tegas Nurwanto. Badak Jawa umumnya menjauhi manusia. Badak jawa hidup berkelompok serta tempati dataran rendah, padang rumput basah dan tempat daratan banjir. Pihak Kemenhut saja cuma dapat memonitor badak Jawa dengan kamera yang di taruh didalam rimba.

3. Rimba di TN Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
Siapa yang tidak tahu orangutan? Mamalia ini demikian menggemaskan serta mempunyai bulu kemerahan. Bila ingin melihatnya, jelajahilah rimba didalam TN Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. “Tanjung Puting itu tempat hidupnya Orangutan, ” kata Nurwanto. Ada tiga tempat rehabilitasi orangutan yakni di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, serta Camp Leakey. Di beberapa tempat itu, Anda bisa lihat hewan jenaka yang cuma ada di Pulau Kalimantan ini. Mereka juga telah punya kebiasaan dengan manusia serta Anda dapat juga mengendong bayinya. Walau demikian, orangutan tetaplah adalah hewan endemik yang perlu dilindungi. Rimba yang lebat di Kalimantan yaitu rumah yang nyaman untuk mereka.

4. Rimba di TN Bali Barat, Bali
“Di rimba TN Bali Barat ada jalak Bali,” kata Nurwanto. TN Bali Barat ada di Jembrana, sisi barat Pulau Dewata. Rimba yang lebat disana adalah habitat jalak Bali, type burung berkicau dengan ukuran badan seputar 25 cm. Menurut website resmi pariwisata Indonesia, jalak Bali yaitu satwa endemik yang habitat aslinya tak diketemukan di belahan bumi manapun terkecuali di Bali sisi Barat, yakni di Semenanjung Prapat Agung, tepatnya di Teluk Brumbun serta Teluk Kelor atau ada di lokasi TN Bali Barat. Kehadiran hewan endemik yang dilindungi undang-undang ini dapat termasuk juga type satwa dalam penangkaran di beberapa kebun binatang di semua dunia. Kicauannya memanglah merdu, tetapi biarlah burung mungil ini berkicau di alamnya.

5. Rimba di TN Wasur, Merauke
Papua memanglah mempunyai rimba liar yang penuh misteri tentang kehidupan hewan yang mungkin saja belum pernah di teliti. Tetapi bila Anda ingin saksikan hewan endemik disana, bertuanglahlah rimba didalam lokasi TN Wasur. TN Wasur mempunyai ruang rimba seluas 400 ribu hektar. Disanalah rumah untuk beragam hewan endemik, seperti kanguru pohon (Dendrolagus spadix) serta burung cendrawasih seperti dilongok dari website Kemenhut. “Kanguru tanah serta burung cendrawasih, misal hewan endemik yang cuma ada di Papua serta dapat dipandang di rimba di TN Wasur,” tutur Nurwanto. Di pintu masuk TN Wasur, ada tempat penangkaran kanguru pohon yang dapat Anda datangi. Namun ingat, kanguru pohon tak serupa dengan kanguru di Australia. Badannya lebih kecil serta gerakannya lebih lincah. Anda pasti dibikin susah untuk dapat melihatnya. Mereka bahkan juga tak tampak lantaran tak lebih tinggi dari semak belukar.

Related posts