Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Liburan Pulau Pari – Tanjung Balai, Kota Cantik di Pinggir Sungai Asahan

Liburan Pulau Pari – Traveler mungkin saja belum banyak yang tahu perihal kota Tanjung Balai yang ada di pinggir Sungai Asahan, Sumatera Utara. Walau sebenarnya, kota ini mempunyai sebagian tempat yang menarik dikunjungi oleh beberapa wisatawan. Kota Tanjung Balai menyandang julukan kota ‘kerang’. Kota ini berjarak seputar 4 jam perjalanan dari Kota Medan, Sumatera Utara. Letaknya di pinggir Sungai Asahan, yang bermuara di Danau Toba.
Tanjung Balai, Kota Cantik di Pinggir Sungai AsahanPertama, kami berkunjung ke Tiruan Istana Kesultanan Asahan yang terdapat agak di tepi Kota Tanjung Balai. Sayangnya tiruan ini kurang tertangani hingga kondisinya cukup memprihatinkan. Tetapi, itu tak kurangi rasa penasaran traveler bakal kejayaan Kesultanan Asahan di saat lantas.

Sesudah berkunjung ke Tiruan Istana Asahan, kami beranjak ke Tiruan Rumah Balai yang terdapat di Ujung Tanjung, Kota Tanjung Balai. Tempat ini adalah awal dari kota Tanjung Balai. Dari tempat ini, kami bisa lihat Sungai Asahan serta Sungai Silau yang menyatu pas di belakang Rumah Balai ini.

Dari Rumah Balai, kami juga lihat Jembatan Tabayang yang disebut jembatan terpanjang di Asahan. Panjang jembatan itu meraih 600 mtr.. Jembatan Tabayang menghubungkan kota Tanjung Balai dengan Kecamatan Sei Kepayang. Jembatan ini biasanya ramai saat malam minggu oleh beberapa warga lokal.

Berhubung saat magrib tiba, kami mengambil keputusan untuk salat di Masjid Raya Ahmadsyah. Masjid ini adalah peninggalan Kesultanan Asahan serta berumur kian lebih 100 th.. Uniknya, Masjid Raya Ahmadsyah di bangun tanpa ada semen, namun memakai pasir serta tanah liat!

Usai salat, waktunya isi perut. Kami juga beranjak ke Lapangan Pasir untuk nikmati kuliner khas Tanjung Balai, yakni kerang rebus yang di sajikan dengan saus bumbu kacang. Terkecuali kerang rebus, ditempat ini dapat ada beragam makanan yang lain seperti pisang kepit, jagung bakar, kelapa muda serta makanan yang lain. Terasa sungguh lezat!

Related posts