Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Luas Pulau Pari – Lihat Anak Krakatau dari Pulau Sebesi

Luas Pulau Pari – Sebesi, pulau kecil di dalam Selat Sunda ini adalah satu diantara pulau berpenghuni serta mempunyai potensi wisata. Dari Pulau Sebesi, pengunjung dapat menyaksikan Gunung Anak Krakatau yang kokoh menjulang di dalam laut.

Lihat Anak Krakatau dari Pulau Sebesi

Untuk meraih Pulau Sebesi, dapat memakai kapal sewaan dari Dermaga Canti, Lampung. Harga sewa kapal di Dermaga Canti sebesar Rp 2 juta rupiah serta cukup untuk dinaiki 20 orang. Sepanjang perjalanan, terlihat sebagian pulau kecil yang lain yang belum berpenghuni di Selat Sunda. Sesudah lebih kurang satu 1/2 jam perjalanan, maka tibalah di Pulau Sebesi.

Di Pulau Sebesi, tampak warga yang repot mengangkut hasil panen berbentuk pisang serta kakao menuju kapal-kapal. Hal yang menarik di Pulau Sebesi ini yaitu beberapa warganya tak mencari pendapatan untuk nelayan, tetapi untuk petani perkebunan.

Letusan Gunung Krakatau di th. 1883 sudah berikan efek positif untuk Pulau Sebesi ini. Abu vulkanik yang dihasilkan oleh Gunung Krakatau, bikin tanah di Pulau Sebesi jadi subur. Tak heran bila warga disini lebih menentukan untuk bercocok tanam daripada melaut.

Menurut Amin, seorang nelayan di Pulau Sebesi, awalannya pulau ini dipunyai dengan cara perorangan. Lalu, Dinas Pariwisata setempat mulai meningkatkan potensi wisata ini supaya layak untuk dikunjungi wisatawan. “Semenjak pemerintah turun tangan, beragam sarana penunjang seperti keperluan air serta dermaga mulai dibenahi, ” papar Amin.

Pulau Sebesi mempunyai satu desa yang bernama Desa Tejang serta terbagi dalam lima dusun yakni Dusun Gubuk Seng, Dusun Bangunan, Dusun Impres, Dusun Regahan Lada, serta yang letaknya paling jauh dari dermaga Pulau Sebesi yaitu Dusun Sigenom. Warga yang tinggal di Pulau Sebesi ini umumnya yaitu pendatang datang dari Provinisi Banten.

Dari sebagian dusun yang ada, Dusun Gubuk Seng yaitu dusun yang mempunyai pemandangan yang paling indah. Di pantai dekat Dusun Gubuk Seng, pengunjung bisa lihat dengan terang Gunung Krakatau serta Gunung Anak Krakatau yang sama-sama “berdiri” bersebelahan.

Tak hanya bisa nikmati keindahan pemandangan Gunung Krakatau, kita dapat juga berenang di lokasi laut Pulau Sebesi ini. Air laut yang jernih dengan beragam type terumbu karang jadi daya tarik sendiri untuk wisatawan lokal serta mancanegara. “Warga disini juga menjaga terumbu karang yang ada, lantaran terumbu karang itu mempunyai potensi wisata yang benar-benar besar, ” ungkap Amin.

Related posts