Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Paket ke Pulau Pramuka – Takjub dengan Kecantikan Candi Selogriyo di Magelang

Paket ke Pulau Pramuka – Terdapat beberapa candi keren di Indonesia yang pantas dikunjungi. Satu diantaranya yaitu Candi Selogriyo yang ada di kota Magelang. Anda juga bakal takjub dengan panorama yang di tawarkan. Tidak sama dengan Borobudur, Mendut, Ngawen ataupun Pawon, beberapa orang asing yang bertandang ke Candi Selogriyo senantiasa menyebutkan perjalanannya " hiking ", bukan hanya " visiting ".

Takjub dengan Kecantikan Candi Selogriyo di Magelang

Tak hanya perihal Candi Selogriyo-nya sendiri, sebagian traveller kelihatannya lebih berkesan pada pemandangan di selama perjalanan yang mereka lewati. " As for Selogriyo, itself, well the journey is the highlight ", kata Rishi Sankar, traveller asal Trinidad yang bekerja di suatu perusahaan IT di Vancouver, Canada. Ia menulis di situs pribadinya, Rishiray. com

Mindy McAdams, profesor jurnalistik dari Kampus Florida, Amerika Serikat, lebih sering mengunggah foto-foto terasering persawahan serta kesibukan petani daripada Candi Selogriyo. Ia juga banyak memphoto perbukitan dari jalan setapak menuju candi itu. Foto-foto McAdams perihal perjalanannya ke Selogriyo, dapat dipandang di situs fotografi Flickr. com.

Baik Rishi Sankar ataupun Mindy McAdams ber-hiking ke Candi Selogriyo pada 2011. " Satu tahun lebih terakhir, rata-rata 2 ribu orang asing setiap th.. Dapat kurang, namun kerap semakin banyak ", kata Maryono, petugas Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah, sekian waktu lalu. Dengan Edi, kakaknya, Maryono bekerja di Candi Selogriyo mulai sejak 1989.

Jumlah pengunjung Candi Selogriyo selalu meningkat dari th. ke th.. Bln. Desember 2013 baru jalan 3 hari, tetapi pengunjung yang isi buku hadir telah 72 orang. " Bln. November tempo hari yang paling sedikit ", kata Maryono. Jumlahnya cuma 774 orang, 120 salah satunya turis mancanegara.

Pada awal mulanya, yaitu pada Oktober 2013, terdaftar 1. 254 wisatawan yang isi buku tidak hadir. Sejumlah 176 salah satunya berkewarganegaraan asing. " Sebelum saat Oktober dapat 1. 400an orang ", jelasnya. Pada bln. Februari serta sampai pertengahan Maret 2014, pelancong yang mendatangi Candi Selogriyo terdaftar sejumlah 873 orang serta 551 pengunjung.

Candi Selogriyo, yang disebut-sebut untuk peninggalan Wangsa Sanjaya pada era ke-8, terdapat di puncak suatu bukit di Dusun Campur Rejo, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Luas puncak bukit tempat dibangunnya Candi Selogriyo seputar 300 mtr. persegi. Sedang tanah punya Pemerintah Kabupaten Magelang, yang terentang mulai gerbang utama candi hingga pagar di puncak bukit, seluas 1. 195 mtr. persegi.

Masuk gapura Dusun Campur Rejo sampai gerbang utama Candi Selogriyo, lebar jalan rata-rata cuma seputar satu mtr.. Beberapa jalan menuju Selogriyo telah dipaving. Beberapa yang lain, jalan setapak yang membelah areal persawahan masyarakat, tetap terus dilewatkan untuk jalan tanah. Bln. Juli lalu, Pemerintah Kabupaten Magelang menaikkan paving selama nyaris 400 mtr..

Untuk penyuka wisata alam, perjalanan ke Candi Selogriyo, mungkin saja agenda menarik. Tetapi sekian, yang terus butuh diwaspadai yaitu keadaan jalan menanjak yang lebarnya hanya seputar satu mtr.. Selepas jalan tanah di antara persawahan masyarakat, pengunjung bakal melalui jalan perbukitan dengan jurang yang cukup curam di satu diantara sisinya. Sayangnya, hingga saat ini belum juga di buat sejenis pembatas, untuk pemberi tanda supaya pengunjung yang bersepeda atau ingindara motor lebih waspada ketika lewat jalan itu.

" Telah diusulkan. Belum ada jawaban ", kata Maryono. Tak hanya pemandangan persawahan serta candi, lokasi ini sebenarnya tetap menaruh beberapa potensi wisata. Seputar 2 km. di samping utara candi, ada curug atau air terjun yang belum mempunyai nama. Lantaran argumen keselamatan, Maryono tidak senantiasa berani mengantar wisatawan ke curug itu. " Bila tiba-tiba ada ular, siapa kelak yang jamin ", tutur Maryono, yang baru diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil pada 2007 lalu.

Jalan menuju curug, tetap berbentuk rimba. Bukit di samping barat Candi Selogriyo, lanjut Maryono, tembus ke Desa Klegen, Kecamatan Bandongan. Lewat jalan setapak di bukit yang ditumbuhi bermacam pohon-pohon besar itu, sebagian anak muda datang ke Candi Selogriyo saat tengah camping.

Related posts