Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Perjalanan ke Pulau Tidung – Cerita Tengkorak-tengkorak Manusia di Puncak Salju Papua

Perjalanan ke Pulau Tidung – Puncak Carstensz di Pegunungan Jayawijaya, Papua yaitu tempatnya salju kekal di Indonesia. Tetapi dibalik itu, nyatanya banyak gua disana yang menaruh tengkorak serta tulang belulang manusia. Begini kisahnya, Puncak Carstensz masuk ke tiga lokasi di Papua, yaitu Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Intan Jaya serta Kabupaten Mimika. Ketinggiannya meraih 4. 884 mdpl serta membuatnya juga sebagai satu dari tujuh puncak paling tinggi didunia.

Cerita Tengkorak-tengkorak Manusia di Puncak Salju PapuaTidak heran, Puncak Carstensz mempunyai salju kekal yang menarik perhatian beberapa pendaki dunia. “Puncak Carstensz juga mempunyai kekhasan, yakni tengkorak-tengkorak didalam gua yang tidak sering orang tahu,” tutur pemilik Adventure Carstnesz, Maximus Tipagau pada kami, Rabu (24/9/2014).

Maximus sudah lama jadi pemandu serta mengantar turis lokal ataupun mancanegara ke atas Puncak Carstensz. Dia juga tahu benar tentang sudut-sudut Puncak Carstensz, seperti gua yang diisi tengkorak. Menurut dia, tengkorak-tengkorak itu ada di sebagian gua yang tertutup salju di ketinggian 4. 000 mdpl, seperti Gua Sulage, Kinibela serta Bale-bale Jerapa.

Tengkorak-tengkorak itu yaitu Suku Moni yang datang dari lereng Pegunungan Jayawijaya seputar 50 th. lantas. Mereka wafat saat dalam perjalanan berburu hewan hingga ke atas Puncak Carstensz. Mereka berburu burung, kuskus hingga landak, ” tutur Maximus.

Saat dalam perburuannya, tidak sedikit pria dari Suku Moni yang wafat disebabkan kekurangan makanan serta kedinginan lantaran cuaca yang ekstrem. Terlebih, mereka tidak menggunakan pakaian atau penghangat tubuh! “Memanglah, mereka tidak menggunakan pakaian serta itu telah umum. Mereka yang mempunyai alam!” tegas Maximus.

Mereka yang wafat tidak bisa dibopong untuk perjalanan turun dari Puncak Carstensz. Oleh karenanya, mereka yang wafat pada akhirnya di taruh didalam gua seakan jadi kuburannya. “Ada kerangka manusia yang utuh serta ada juga yang tinggal tengkorak serta tulang belulang. Gua-guanya dapat didapati dalam perjalanan mendaki Puncak Carstensz,” ungkap Maximus.

Maximus juga menuturkan, Suku Moni yang berburu hewan hingga ke Puncak Carstensz masih tetap ada sampai saat ini. Gua yang dipenuhi oleh tengkorak juga dapat Anda jumpai dalam perjalanan pendakian ke Puncak Carstensz. “Kita memanglah ingin meningkatkan gua-gua yang diisi tengkorak jadi obyek wisata. Yang disayangkan, sebagian turis dari luar negeri didapati pernah mengambil tengkoraknya serta orang-orang setempat tidak sukai, ” ungkap Maximus. Bila Anda mendaki Puncak Carstensz, cobalah datangi gua-gua yang diisi tengkorak disana.

Related posts