Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

• Cheap, Fun n Memorable

• Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Pulau Harapan 2013 – Ajaib! Ada Api Biru di Kawah Ijen!

Pulau Harapan 2013 – Ini bukanlah negeri fantasi. Namun, api biru sungguhan ada di Kawan Ijen di Banyuwangi. Wisatawan dapat lihat api ajaib itu saat malam hari. Tunjukkan sendiri keajaibannya. Fenomena Blue Fire ini cuma ada 2 didunia. Terkecuali di Kawah Ijen, satunya lagi di Islandia. Lumrah saja bila Kawah Ijen, yang terdapat di perbatasan Bondowoso serta Banyuwangi itu, jadi satu keindahan gunung berapi di Indonesia yang harus dipandang, terlebih untuk penggemar fenomena alam.

Ajaib! Ada Api Biru di Kawah Ijen!

Blue Fire yaitu fenomena yang langka serta unik. Lihat fotonya saja saya telah tertarik untuk mengunjunginya. Pada akhirnya rekan-rekan mengajak saya untuk hiking ke Kawah Ijen. Bermula dari komunitas backpacker di media sosial, kami pergi dari Surabaya menuju Banyuwangi. Perjalanan yang kami lalui mengonsumsi saat lebih kurang 6 jam. Jam 23. 00 WIB kami hingga di pos pendakian Paltuding. Tiba di pos Paltuding kami istirahat sesaat.

Seputar jam 00. 30 WIB kami mengawali pendakian yang dengan diawali doa berbarengan. Awal mulanya medan yang kita lewati datar saja, namun sesudah 1 km medan makin lama makin berat. Kawah Ijen sendiri ada pada ketinggian 2. 388 mtr. diatas permukaan laut. Sesudah melalui medan yang menanjak tadi, kami hingga di Pos Bunder untuk istirahat sesaat. Tenang, sesudah Pos Bunder medan menanjak makin menyusut. Pada akhirnya sesudah perjalanan yang melelahkan kami tiba di puncak Kawah Ijen.

Di puncak tersebut, kami melihat fenomena Blue Fire dengan mengagumkan. Sungguh mengagumkan! Semburan gas dari Kawah Ijen keluarkan kilatan api berwarna biru. Menjilat-jilat hawa di atasnya. Rasa capek mendaki, rasa menggigil lantaran angin dingin pegunungan, seluruhnya pupus serta hilang waktu lihat keindahan Blue Fire dibawah sana.

Waktu matahari terbit, saya lihat keindahan yang lain, sunrise di kawah Ijen. Diluar itu danau kawah Ijen tampak dengan terang. Danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi seputar 2. 500 th. lantas itu, mempunyai air berwarna hijau toska. Sungguh indah. Danau kawah Ijen yaitu danau yang mempunyai keasaman tinggi, serta adalah danau vulkanik yang besar. Dengan kedalaman sampai 200 mtr. serta luas kian lebih 5. 000 hektar, danau kawah ijen yaitu suatu fenomena sendiri yang sangatlah mempesona. Sungguh besar keagungan Tuhan!