Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Pulau Harapan – Pesona Ambon, Kota Seribu Pantai…

Pulau Harapan – Tidaklah salah bila Ambon disebut Kota Seribu Pantai. Lantaran letak kepulauan Ambon yang terbilang dikelilingi lautan, karenanya banyak pantai indah terhampar disini. 

Pesona Ambon, Kota Seribu Pantai

Kami juga berniat mendatangi satu per satu pantai yang banyak disukai beberapa wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara bila bertandang ke Ambon. Satu diantaranya pantai Natsepa. Pantai yang terdapat di Desa Suli atau umum dimaksud Negeri Suli, Kabupaten Maluku Tengah ini mempunyai kekhasan sendiri. Di Pantai Natsepa bila air laut surut, dapat tampak sepanjang 1 km pasir pantai dihiasi dengan karang-karang yang cukup menawan di Teluk Baguala.

Umumnya beberapa wisatawan juga suka bermain di pantai sampai ke tengah jauh dari daratan. Dermaga Pantai Namalatu di Ambon, Maluku. Namun sebaliknya, bila air laut gunakan gelombang atau ombak yang tertiup angin dapat bikin air laut naik sampai perbatasan dataran. Tidak cuma itu, angin yang bertiup dari lautan ke dataran rendah benar-benar kencang.

Nah, meninggalkan Pantai Natsepa, kami juga meneruskan perjalanan menuju pantai terpanjang di Ambon, yaitu Pantai Hunimua atau yang akrab dimaksud Liang, di Negeri Liang, Maluku Tengah. Pantai dengan panjang 900 mtr. ini tercatat untuk pantai terpanjang serta terluas di Ambon.

Disini tampak warung-warung kelontong menjual beragam jenis makanan yang berjajar di selama bibir pantai. Diluar itu, ada juga pendopo atau auditorium tempat acara-acara musikal tradisional diselenggarakan. Kehidupan bawah laut di perairan Namalatu, Maluku, jadi daya tarik wisatawan untuk menyelam.

Satu hal yang lebih menarik, disini kami lihat sepasang ikan duyung tengah bermain di perairan sedikit dalam di pantai ini. Tetapi sayang kami tak dapat mengabadikan gambar ikan duyung itu lantaran mereka terasa terganggu bakal kehadiran kami.

Beranjak dari pantai Liang, 90 menit meniti perjalanan kami juga berkunjung di Pantai Pintu Kota yang berlokasi di Desa Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Sebelum masuk pantai ini kami juga memikirkan bahwasanya nama pantai Pintu Kota di ambil dari lambang suatu pintu masuk ke Ambon. Nyatanya benar ada, pantai Pintu Kota dahulunya memanglah untuk sinyal pintu masuk kapal-kapal yang bakal berlabuh di kota Ambon. Untuk tandanya, terlihat suatu lubang besar berupa seperti pintu di bebatuan cadas nan tinggi.

Tidak cuma itu, di pantai ini juga bebatuan yang terhampar dimulai dari ukuran besar hingga kecil mempunyai ciri-ciri warna cukup menarik. Umumnya batu-batuan ini beberapa orang bikin untuk batu cincin, manik-manik maupun aksesori perhiasan yang lain. Namun sayangnya orang-orang di sekitar Pantai Pintu Kota belum dapat memakai untuk mata pencarian di buat untuk suvenir dari Pantai Pintu Kota ini.

Meniti perjalanan seputar 15 menit tidak jauh dari Pantai Pintu Kota, kami juga meneruskan menuju pantai Namalatu, Desa Latuhalat, Kota Ambon. Bila dari luar memanglah terlihat seperti pantai-pantai umum disini. Namun yang menarik tidak cuma pantai dengan pemandangan eksotis tetapi wisata bawah laut disini juga pantas dapat acungan jempol.

Terumbu karang disini juga dilestarikan oleh dinas pariwisata setempat, juga beberapa kumpulan ikan Nemo yang lucu bisa dipandang bermain di seputar karang-karang.

Tidak salah kan bila Kota Ambon jadikan untuk maksud wisata bahari. Pemandangan memukau di tiap-tiap pantainya serta keindahan bawah lautnya jadi primadona sendiri untuk wisatawan dalam serta luar negeri. Selamat liburan!

Related posts