Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Pulau Pari Kaskus – Pantai Balanan, Sekeping Surga di Baluran

Pulau Pari Kaskus – Taman Nasional Baluran di Situbondo telah populer keindahannya. Ada rimba hijau serta padang savana yang pemandangannya dikatakan sebagai Africa Van Java. Tidak cuma itu, ada juga Pantai Balanan yang berpasir putih serta airnya jernih.

Pantai Balanan, Sekeping Surga di Baluran

Petualangan saya diawali dari Bekol, lalu savana luas menyongsong kehadiran saya saat tiba di Baluran. Teriknya panas matahari bikin saya terasa seakan ada di benua Afrika, tetapi janganlah terkecoh lantaran nyatanya tempat tetap ada di lokasi pulau Jawa! Dari Bekol saya bakal meneruskan perjalanan menuju ke Bama yang disebut pantai utama di Taman Nasional (TN) Baluran. Bama yaitu satu diantara dari sebagian pantai eksotis yang dipunyai oleh Baluran.

Disini ada padang yang luas serta mangrove yang tetap sangatlah tinggi tingkat kerapatannya. Juga ada juga terumbu karang serta beberapa macam hewan laut di pantai Bama ini. Tetapi, destinasi utama yang saya kunjungi tidaklah di Pantai Bama tetapi di Pantai Balanan.

Pantai Balanan adalah satu diantara pantai yang terdapat di TN Baluran. Balanan juga adalah satu diantara resor yang ada disana serta ditempati oleh masyarakat. Di Balanan tak ada listrik dan tanda provider. Hal semacam ini karena jauhnya jarak desa itu dari kota dan sulitnya akses untuk masuk ke dalam desa. Balanan mempunyai banyak tempat menarik untuk dikunjungi, satu diantaranya yaitu Pantai Balanan dan ruang mangrove yang sangatlah luas.

Pantai Balanan berpasir putih dan mempunyai air yang sangatlah jernih. Saat Anda lihat air laut dari terlalu jauh bakal terlihat berwarna biru, tetapi saat air hingga pada kaki maka bakal tampak sangatlah jernih serta bersih. Ada juga savana kecil yang ada di sebagian tempat dekat pantai. Saat jalan di savana dengan sinar matahari maka Anda bakal disambut oleh biru jernih dan besihnya air laut Pantai Balanan.

Tak hanya pantai ada juga ekosistem mangrove. Mangrove di lokasi ini mempunyai kekhasan lain yakni ada satu diantara spesies mangrove yang mempunyai nilai jual jutaan rupiah yang bernama sentigi (nama lokal). Sentigi banyak diburu oleh beberapa orang yg tidak bertanggungjawab untuk kebutuhan ekonominya. Harga jual sentigi yang cukup tinggi bikin ekosistem sentigi saat ini sangatlah menghawatirkan disebabkan ada perburuan liar.  Kayu sentigi yang ditebang umumnya dipakai untuk pembuatan keris dan pohonnya dipakai untuk bonsai.

Akses untuk meraih Resort Balanan sangatlah ekstrem lantaran mesti melalui sebagian km. savana dan menuruni tebing hal inilah yang bikin lokasi ini unik. Wisata ini tidak sering diminati orang untuk liburan lantaran medannya cukup ekstrem. Untuk hingga ke Balanan sendiri kita mesti meniti perjalanan sejauh 3 km dari Bekol atau 5 km dari Bama degan jalan kaki melalui savana dan rimba. Tetapi, selama perjalanan kita bakal disuguhi panorama eksotisnya pantai dan padang savana serta sebagian hewan langka yang ada di dalam perjalanan kita.

Related posts