Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Pulau Pramuka Penginapan – Curug Malela, Niagara Mini di Jawa Barat

Pulau Pramuka Penginapan – Niagara Falls di perbatasan AS-Kanada yaitu satu diantara air terjun yang paling banyak dikunjungi turis. Di Kabupaten Bandung Barat, ada Air Terjun Malela yang dijuluki 'Niagara Mini'. Seperti apa?

Curug Malela, Niagara Mini di Jawa Barat

Di kesempatan saat ini, saya mau sharing pengalaman perjalanan saya ke Curug Malela. Curug Malela terdapat di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Hulu sungai datang dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terdapat di samping barat Ciwidey yang sudah mati serta mengalir lewat Sungai Cidadap–Gununghalu. Ketinggian air terjun ini berkisar 60-70 mtr., dengan lima jalur air terjun yang letaknya tidak terlampau jauh.

Untuk tiba di lokasi, Anda bisa memakai beragam transportasi terhitung transportasi umum yaitu bus. Waktu itu saya serta rekan-teman berangkat memakai bus dari terminal Ciroyom (Bandung). Lama perjalanan yang ditempuh seputar 3-4 jam bergantung keadaan jalan.

Ongkosnya Rp 20. 000 untuk hingga ke terminal bus di Desa Gununghalu. Dari terminal kita bisa menyewa ojek yang harga nya berkisar Rp 60. 000-100. 000 PP untuk satu motor. Lama perjalanan dari terminal ke pintu masuk berkisar 30-50 menit. Dari gerbang masuk anda bakal jalan kaki dengan menuruni sebagian anak tangga. Lama perjalanannya berkisar 30 menit sampai 1 jam (bergantung keadaan fisik). Memanglah perjalanan yang ditempuh benar-benar jauh serta melelahkan, tetapi saya jamin rasa capek itu bakal terbayarkan sewaktu anda tiba.

Sebatas info, akses jalan dari desa ke pintu masuk curug terbilang benar-benar jelek lantaran jalan belum diaspal. Bila mau memakai mobil pribadi, tak dianjurkan untuk memakai mobil sejenis sedan atau hatchback lantaran jalurnya tetap seperti jalur offroad.

Bila memakai kendaraan umum, siapkan diri untuk bermalam lantaran bus cuma hingga jam 16. 00 WIB. Bila mau memaksa pulang siapkan dana lebih untuk menyewa mobil. Upayakan pergi ketika musim panas, lantaran waktu musim hujan tak hanya akses jalan susah dilewati, airnya juga terbilang kotor. Hingga kurang menarik untuk berkunjung ke tempat ini. Diluar itu, lajur air juga bakal makin deras hingga bisa membahayakan pengunjung.

Related posts