Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Pulau Tidung Murah – Lembah Harau, Lembah Terindah di Indonesia

Pulau Tidung Murah – Perjalanan 1,5 jam dari Bukittinggi ke arah barat tak lagi percuma lantaran Anda bakal disuguhi situasi alam pegunungan dihiasi deretan air terjun indah setinggi kira kira 100 meter. Belum lagi tempatnya dilewati empat buah sungai yang jernih siap memanjakan mata Anda.

Lembah Harau, Salah Satu Lembah Terindah di Indonesia

Lembah Harau adalah lembah yang subur terdapat di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Propinsi Sumatera Barat. Ada seputar 138 km dari Padang serta seputar 47 km dari Bukittinggi atau seputar 18 km dari Kota Payakumbuh serta 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Tempat ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 hingga 500 m.

Transportasi umum siap mengantarkan Anda yang datang lewat Bukittinggi. Menyewa minivan atau sepeda motor bakal meyakinkan saat bertandang Anda di dataran tinggi Minangkabau lebih pas. serta inilah satu diantara lembah terindah di Indonesia. Harau dipercaya datang dari kata ‘parau’, arti lokal yang berarti nada serak. Dahulu, masyarakat yang tinggal diatas Bukit Jambu kerap hadapi banjir serta longsor hingga menyebabkan kegaduhan serta kepanikan. Penduduknya kerap berteriak histeris serta pada akhirnya menyebabkan nada parau. Dengan ciri nada penduduknya banyak yang parau didengar maka daerah itu diberi nama ‘orau’ serta lalu beralih nama jadi ‘Arau’ sampai pada akhirnya penyebutan seringkali jadi ‘harau’.

Lakukan perjalanan sejauh 44 km. ke arah Pekanbaru serta Riau maka Anda bakal berhenti di Lembah Harau dengan tebing batu granit curam setinggi 80-300 m. Pagar tebing cadas yang curam serta lurus berwarna kemerah-merahan tegak melingkari lembah demikian menawan untuk Anda pandang serta prima dalam rekaman photo.

Bunta Waterfall, air terjun di Lembah Harau, Sumbar, dimana orang-orang setempat menyebutnya Sarasah Bunta. Lembah Harau mempunyai iklim tropis serta tanah yang subur, juga keindahan panorama alam yang menawan. Lembah Harau dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia lantaran mempunyai keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terdapat di Sierra Nevada California serta sudah populer ke semua dunia.

Di Lembah Harau ini ada air terjun bernama Bunta Waterfall atau dengan cara lokal dimaksud Sarasah Bunta. Air terjun ini mengalirkan air tawar fresh dari dataran tinggi dengan tiga air terjun yang lain di lembah ini. Sarasah Bunta ini memiliki air terjun yang berunta-unta indah jika terpancar cahaya matahari seperti bidadari yang tengah mandi hingga diberi nama Sarasah Bunta. Air terjun Sarasah Bunta pertama kali di buka tanggal 14 Agustus 1926 oleh Asisten Residen Lima Puluh Kota, F. Rinner berbarengan Tuanku Laras Datuk Kuning Nan Hitam serta Asisten Demang Datuk Kodoh Nan Hitam. Prasasti pemberi tanda ini mengisyaratkan keindahan air terjun Sarasah Bunta.

Lembah Harau adalah lembah yang subur terdapat di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Propinsi Sumatera Barat.
Di Sarasah Aie Luluih, airnya mengalir melalui dinding batu serta dibawahnya memiliki kolam tempat mandi alami yang asri. Ada keyakinan mandi atau membersihkan muka disini bisa menyembuhkan jerawat serta muka bakal tampak cantik serta awet muda.

Di Sarasah Murai, kerap pada siangnya burung murai mandi sembari memadu kasih hingga orang-orang menamakan ‘Sarasah Murai ‘. Ada keyakinan ditempat ini untuk berdoa serta mandi supaya segera memperoleh jodoh.

Lembah Harau sesungguhnya adalah cagar alam seluas 669 hektar. Hasil survey tim geologi asal Jerman th. 1980 temukan type batuan yang ditemukan di daerah ini sama dengan yang ditemukan di basic laut berbentuk batuan breksi serta konglomerat. Legenda orang-orang Sarasah Aka Barayunjuga menceritakan bahwasanya di seputar Cagar Alam Lembah Harau dulunya yaitu laut.

Lembah Harau ini terbagi dalam tiga lokasi yakni Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, serta Resort Rimbo Piobang. Resort Aka Barayun mempunyai keindahan air terjun serta kolam renang ditambah nuansa alam yang asri. Diluar itu juga punya potensi untuk pengembangan olah raga panjat tebing lantaran mempunyai bukit batu yang terjal serta dapat memantulkan nada (echo). Disini juga ada fasiltas penginapan berbentuk homestay komplit dengan fasilitasnya. Di sinilah pengagum olah raga panjat tebing seperti temukan surganya.

Lembah Harau di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Propinsi Sumatera Barat. Dinding curam tidak cuma jadi daya tarik untuk fotografer namun pemanjat tebing juga tertarik memanjat dinding di lembah ini di mana ada 300 tempat panjat tebing. Di segi lain, pagar tebing cadas yang curam sudah membuat relief cantik sekalian menantang terlebih Anda yang suka pada olahraga panjat tebing. Kecuraman tebing ditempat ini meraih 90 derajat dengan ketinggian yang meraih 150 sampai 200 mtr.. Tidak salah terasa bila Lembah Harau jadi surga untuk penggemar panjat tebing. Beberapa pemanjat menjuluki lembah ini untuk Yosemite-nya Indonesia.

Related posts