Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

rumah miring dufan – Penampakan Keren Sepinggan, Bandara dengan Mal Pertama di RI

Penampakan-Keren-Sepinggan,-Bandara-dengan-Mal-Pertama-di-RI

rumah miring dufan – Balikpapan. Bandara New Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan timur yaitu bandara dengan mal pertama di Indonesia. Traveler yang baru turun dari pesawat, dapat segera melewati mal setinggi tiga lantai itu. Begini penampakan terbaru bandara tersebut! 

Penampakan-Keren-Sepinggan,-Bandara-dengan-Mal-Pertama-di-RI

Dari Sabtu 22 Maret 2014 lalu, Bandara New Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur mulai beroperasi. Bandara yang dibangun selama 32 bulan dari Agustus 2011 ini tampak megah. 

Dalam kunjungan ke bandara itu akhir minggu lalu, terlihat deskripsi bandara yang megah serta bersih. Bandara ini dibangun oleh PT Angkasa Pura I. Bandara ini memanglah direncanakan bertukar nama jadi Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman, yang disebut Sultan Kutai Kartanegara ke-18 yang memerintah dari tahun 1845 hingga 1899. 

Bandara ini memiliki rencana futuristik modern eco airport serta investasi pembangunan bandaranya memerlukan dana Rp 2 triliun. Dana itu untuk bangun terminal penumpang seluas 110.000 meter persegi, juga untuk membangun gedung parkir seluas 77.000 meter persegi, flyover serta infrastruktur lain, dan dua hanggar, apron serta kargo. 

Asyiknya, Bandara New Sepinggan mempunyai banyak taman di dalam ruangan. Penilaian kita, taman itu dibuat di lantai satu serta lantai tiga. Bila masuk dari terminal keberangkatan di lantai tiga, penumpang akan segera disambut dua taman cantik yang hijau di segi kanan serta kiri pintu masuk. 

Di lantai dasar ada tiga taman yang dibuat terpisah. Satu di arena pengambilan bagasi samping barat untuk penumpang maskapai Lion Air serta sebagian maskapai lain, satu taman di arena pengambilan bagasi samping timur khusus untuk penumpang maskapai Garuda serta Citilink, dan satu lagi diantara kedua ruangan itu. 

Selain bunga-bungaan, di taman itu juga ditanam pohon-pohon jenis palem setinggi sekitar empat meter. Penanamannya juga tidak di buat asal. Seluruhnya diatur sedemikan rupa juga di tengah taman di lantai dasar juga disusun batu-batuan. Kehadiran tanaman-tanaman hias yang hijau memberikan kesegaran sendiri mengimbangi warna bandara yang dominan putih

Yang paling keren dari Bandara New Sepinggan, sudah pasti adanya mal. Penumpang yang baru mendarat akan diarahkan keluar lewat mal yang ada di bangunan bandara setinggi tiga lantai. Turun dari pesawat, Anda dapat segera belanja! 

Di depan bandara juga terdapat gedung parkir empat lantai dengan kemampuan sampai 2.300 unit kendaraan. Juga bandara ini dapat dilengkapi dengan flyover. 

Meskipun merupakan bangunan terminal bandara baru, tarif pajak bandara (airport tax) yang diaplikasikan tetap sama sesuai bandara lama, Rp 40 ribu. Namun, General Manager Bandara Sepinggan Balikpapan Wendo Asrul Rose menegaskan, tarif itu cuma berlaku sesaat serta di pastikan akan dirubah. 

"Belum ada kita berlakukan tarif baru demikian running hari ini. Kelak umumnya sesudah running sebagian lama, baru kita berlakukan tarif baru," kata dia di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Sabtu (22/3/2014). 

Bandara New Sepinggan disebut-sebut menaklukkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sebagian kelebihan Sepinggan diantaranya dalam hal sarana penanganan bagasi serta sistem keamanan yang mutakhir. Masalah sarana pelayanan kebandarudaraan juga dibuat optimal, yaitu memiliki 11 garbarata, 68 check-in counters serta 8 unit conveyor. 

Bandara ini mulai resmi beroperasi dari Sabtu 22 Maret lalu saat melayani joy flight yang dikerjakan maskapai Garuda Indonesia. Sejumlah 80 orang anak yatim beserta beberapa petinggi setempat dan direktur perusahaan AP I serta Garuda dilayani sesuai sama prosedur dimulai dari check-in, sampai boarding. Juga didalam pesawat juga pelayanan diberikan sesuai standar yang berlaku. 

Related posts