Our Mission
  • Kepuasan Anda Menjadi Tujuan Utama Kami

  • Cheap, Fun n Memorable

  • Berpengalaman lebih dari 5 Tahun

Wisata ke Pulau Harapan – 5 Cerita dan Mitos Unik Danau Tiga Warna Kelimutu

Wisata ke Pulau Harapan – Gunung Kelimutu di Flores, NTT, mempunyai 3 danau yang dapat beralih warna. Lepas dari sisi sains, terdapat banyak cerita serta mitos yang diakui orang-orang setempat. Banyak traveler katakan, Danau Kelimutu yaitu satu diantara bukti keajaiban alam. Bagaimana tidak, ada 3 danau yang dapat beralih warna. Dari mulai biru, hijau, merah, putih, hingga hitam. Mitos serta keyakinan warga lokal sangatlah bertindak di dalamnya. Waktu berkunjung ke Danau Kelimutu sekian waktu lalu, kami terlibat perbincangan dengan Herimanto, staf Dinas Kebudayaan serta Pariwisata Kabupaten Ende. Dia bercerita masalah cerita serta mitos unik sekitar Danau Kelimutu. Tersebut 5 diantaranya :

5 Cerita dan Mitos Unik Danau Tiga Warna Kelimutu

1. Danau yang ditempati roh
Tiga danau itu semasing bernama Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, serta Tiwu Ata Polo. Orang-orang setempat yakin, danau yang pertama ditempati oleh roh atau mungkin jiwa orangtua yang sudah wafat. Danau ke-2 diakui jadi 'rumah' untuk jiwa muda-mudi. Sesaat danau ketiga, konon ditempati arwah orang jahat. "Danau ke-2 yaitu yang seringkali beralih warna. Konon lantaran ditempati muda-mudi, mungkin saja jiwanya masih menggebu-gebu," papar Herimanto.

2. Beralih warna dengan cara misterius
Ketiga danau itu dapat beralih warna dengan cara misterius. Dari sisi sains, ada satu type mineral dalam danau yang beralih sesuai sama keadaan geologis. Tetapi tidak ada yang tahu pasti kapan danau-danau itu beralih warna. Juga tidak ada yang pernah melihatnya. "Pernah satu kali, petugas Taman Nasional lihat danau 1/2 beralih warna pada siang hari. Namun mendadak kabut nampak, menutupi danau. Saat kabutnya hilang, warna danau kembali seperti awal mulanya. Tak jadi beralih," kata Herimanto.

3. Diketemukan oleh orang Belanda, berwarna merah-putih-biru
Danau Kelimutu diketemukan oleh orang Belanda bernama Van Such Telen, tepatnya pada 1915. Saat itu ia memberi tahu warga setempat, temukan danau berwarna merah-putih-biru. Tetapi warga pernah tidak yakin, karenanya yaitu warna bendera Belanda. "Namun rupanya benar. Saat pertama kali warga lihat, Danau Kelimutu berwarna merah, putih, serta biru," lebih Herimanto.

4. Roh juga di beri makan
Ada roh penghuni Danau Kelimutu tidak sebatas jadi keyakinan. Satu kali dalam satu tahun, orang-orang setempat 'memberi makan' beberapa roh di ketiga danau melalui upacara Pati Ka Du'a Batu Ata Mata. Ini yaitu upacara pemberian sesaji pada roh-roh penghuni Danau Kelimutu. Sesaji itu berbentuk sirih, pinang, rokok, nasi serta daging, disudahi oleh arak/tuak. "Upacara juga termasuk juga acara makan besar untuk kebanyakan orang, serta menari Gawi (tarian adat -red) berbarengan," kata Herimanto.

5. Konon, airnya bening!
Lepas dari bermacam warna yang terlihat pada Danau Kelimutu, sempatkah ada ilmuwan yang betul-betul mempelajari warna asli danau itu? "Ya, pernah ada yang mengambil air dari danau itu. Namun warnanya bening," kata Herimanto, tertawa. "Yakin tak yakin, namun alam disini benar-benar sangat erat hubungan dengan keyakinan," imbuhnya.

Related posts